Haji Plus


Program HAJI KHUSUS atau sering disebut ONH PLUS adalah Program Pemberangkatan Jamaah Haji Non Reguler. Yang membedakan antara ONH PLUS dengan ONH Reguler adalah pada Kuota, Waktu Pelaksanaan, Biaya, Fasilitas Akomodasi serta Lamanya masa tunggu keberangkatan. Adapun secara prosesi Ibadah Hajinya, keduanya sama saja.
Dari isi kuota, ONH Plus lebih sedikit. Dari sisi lama waktunya, ONH Plus juga lebih singkat. Secara fasilitas akomodasinya, ONH Plus relatif lebih bagus standar pelayanannya. Dan pada aspek biaya, ONH Plus jelas lebih tinggi mengingat fasilitas akomodasi yang disediakan juga lebih tinggi standarnya. Masa tunggu keberangkatan ONH Plus juga relatif lebih cepat daripada ONH Reguler.
Dalam pemberangkatan Ibadah Haji ONH Plus, dikenal ada dua model pemberangkatan, yaitu ONH Plus Kuota (Haji Kuota Pemerintah) dan ONH Plus Non Kuota (Haji Non Kuota). Sesuai dengan namanya, maka ONH Kuota Pemerintah adalah Proses pendaftaran dan pemberangkatan jamaah haji mengikuti prosedur dan kuota jamaah yang telah ditetapkan resmi oleh pemerintah. Biro penyelenggara Haji ONH Plus Kuota Pemerintah juga adalah Biro Haji yang telah mendapatkan ijin resmi dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan haji dan Umroh Kementerian Agama RI. Sedangkan ONH Non Kuota adalah proses pendaftaran dan pemberangkatan jamaah haji tanpa melalui prosedur dan kuota resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Biro penyelenggara haji Non Kuota juga tidak harus telah memiliki ijin resmi sebagai penyelenggara Ibadah haji resmi dari  Direktorat Jenderal Penyelenggaraan haji dan Umroh Kementerian Agama RI.
Untuk menjamin keamanan dan kepastian perjalanan jamaah haji nantinya, EL HASANA TOUR hanya bermitra dengan Biro Travel Haji & Umroh yang telah mendapatkan ijin resmi sebagai Penyelenggara Ibadah Haji (PIH) dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI dan hanya melayani pendaftaran ONH PLUS KUOTA PEMERINTAH. Dimana proses pendaftaran hingga masa keberangkataannya bisa dipantau langsung melalui website resmi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan haji dan Umroh Kementerian Agama RI.
Saat ini EL HASANA TOUR menjadi Mitra sebagai Pusat Informasi dan Pendaftaran Haji Plus dari PT. Gema Shafa Marwa Tours, yang telah berpengalaman menyelenggarakan Pemberangkatan Jamaah Haji sejak tahun 1993 dan tergabung dalam HIMPUH (Himpunan Penyelenggara Umroh & Haji) sejak 1997.
PAKET PERJALANAN HAJI PLUS
PT. GEMA SHAFA MARWA (GSM TOUR)
TAHUN 2014

PROGRAM
PLATINUM
GOLDEN
SILVER

US$ 9000
US$ 8500
US$ 8000




Kapasitas
2 orang/kamar
3 orang/kamar
4 orang/kamar
Mekkah
Hotel : Grand Zam-zam Hotel / yg setaraf
Madinah
Hotel : Royal Andalus, Sanabil Hotel / yg setaraf
Jeddah
Hotel : Mercure Hotel / yg setaraf
Arofah
Tenda GSM Ber AC
Mina
Tenda GSM Ber AC
Syauqiyah
Apartemen AC
*) harga paket (pelunasan) mengikuti harga yang berlaku pada tahun keberangkatan.


Pembimbing Haji
  • Ust. KH. DR. Muslih Abdul Karim, MA (Ketua) 
  • Ust. KH. Aunur Rafiq Shaleh Tamhid, Lc.
  • Ust. KH. Zubair Suryadi, Lc. 
  • Ustadz & Ustadzah lain (tentatif)
Biaya di atas sudah termasuk : 
  • Biaya ONH Depag
  • Pembimbing berpengalaman
  • Bimbingan Manasik Haji
  • Tiket Penerbangan reguler PP kelas ekonomi,
  • Akomodasi selama ibadah haji,
  • Makan 3x sehari di negara tujuan,
  • Transportasi Bus AC selama ibadah haji,
  • Souvenir Haji (seperangkat peralatan haji)
  • Buku Tuntunan Ibadah Haji
  • Sepuluh/lima liter air zam-zam
Biaya Belum termasuk :
  • Pengeluaran pribadi 
  • Biaya yang dikeluarkan jama’ah akibat perubahan atas permintaan pribadi
  • Kelebihan Bagasi
  • Dam dan Qurban
  • Medical Check Up
  • Akomodasi dari Daerah ke Jakarta
Persyaratan Administrasi
  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Setoran awal minimal USD 4500.
  3. Foto kopi KTP, KK, Paspor, Buku Nikah/Akte Lahir/Ijazah. 
  4. Pasfoto terbaru (berwarna), background warna putih. Dominasi wajah 80 % dari ukuran foto : ukuran 3 X 4 = 30 lembar ; ukuran 4 X 6 = 10 lembar. Bagi wanita wajib menggunakan kerudung (jilbab) warna kontras. 
  5. Klise/negatif foto berwarna/CD.
  6. Mengikuti Peraturan Kementerian Agama RI.
  7. Usia minimal 17 tahun.
Tata Cara Pendaftaran & Pembayaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di Kantor Pusat maupun Perwakilan/Agency yang ditunjuk oleh PT. Gema Shafa Marwa.
  2. Menyerahkan semua berkas-berkas/data-data administratif syarat pendaftaran Haji Plus (lihat poin : Persyaratan Administrasi)
  3. Pembayaran pertama (DP)  sebesar min US$ 4500 (untuk mendapatkan nomor porsi Haji Plus sesuai aturan dr Kemenag RI). Sisa pembayaran yang US$ 3.500 (bila ambil paket Silver) dibayarkan sebelum keberangkatan pada saat pelunasan BPIH. Tetapi boleh dibayarkan juga sebelum itu ke GSM Tour.
  4. Pembayaran dengan mata uang Rupiah dengan nilai kurs US$ yang berlaku pada saat pembayaran. Pembayaran dinyatakan sah apabila telah masuk ke rekening PT. Gema Shafa Marwa Pusat atau diterima langsung secara Tunai di Kantor Pusat.
  5. Penyetoran ONH Plus ke rekening bank atas nama PT. Gema Shafa Marwa (GSM Tour & Travel) pada :

Bank Syariah Mandiri No 039-001-3778 (Rupiah)

Bank Syariah Mandiri No 039-001-8047 (Dollar)

Pembatalan
Pembatalan/pengunduran diri setelah terjadinya pembayaran dikenakan biaya sebagai berikut :
  • Pembatalan setelah terdaftar di SISKOHAT (Sistem Komputerisasi Hati Terpadu) Depag RI dikenakan biaya 25% dari biaya pokok.
  • Pembatalan 2 (dua) bulan sebelum tanggal keberangkatan dikenakan biaya 50% dari biaya Pokok.
  • Pembatalan 1 (satu) bulan sebelum tanggal keberangkatan dikenakan biaya 75% dari biaya Pokok.
  • Pembayaran kepada jamaah dilakukan setelah pelaksanaan ibadah haji.
Tahapan Program Haji Plus 
  1. Calon Jamaah Haji membayar Uang Muka (UM) untuk mendapatkan Nomor Urut Porsi Haji Plus DEPAG sebesar US$ 4500.
  2. Keberangkatan Jamaah menunggu panggilan dari DEPAG, sekitar bulan Juli setiap tahunnya. 
  3. DEPAG akan memanggil calon jamaah haji berdasarkan Nomor Urut PORSI Hajinya.
  4. Jika nomor urut porsinya ada dan terpanggil oleh DEPAG, maka calon jamaah tersebut segera melunasi sisa pembayarannya sesuai yang berlaku di tahun tersebut yang ditetapkan oleh DEPAG.
  5. Jika sudah melunasi, maka jamaah akan mendapatkan bimbingan haji, manasik dan cek kesehatan sekaligus penyerahan perlengkapan souvenir haji (koper dll).
  6. Siap-siap berangkat haji pada tanggal yang ditentukan oleh DEPAG
SKEMA PERJALANAN HAJI GSM TOUR


Segala puji hanya milik Allah SWT penguasa alam semesta. Kepada-Nya kita menyembah dan kepada-Nya pula kita minta tolong. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Rosulullah SAW. beserta keluarga dan sahabat serta para pengikut jejaknya. Sholawat dan salam semoga tercurah pula kepada kekasih Allah Nabi Ibrohim AS beserta keluarganya.
 

Pada tahun ini insya Allah kita akan memenuhi panggilan Allah SWT. Mengikuti jejak langkah Nabi Ibrohim AS, melaksanakan Rukun Islam ke lima, Menunaikan Ibadah haji mengunjungi Baitullah ke tanah suci. Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami dapat melayani dan menyertai para tamu Allah dalam rangka memenuhi panggilanNya yang suci nan Agung.

Sebagai penyelenggara merupakan tugas dan tanggung jawab kami untuk senantiasa melayani para tamu Allah dengan sebaik-baiknya pelayanan. Namun mengingat perjalanan kita ini adalah perjalanan ibadah jihad di medan yang berat, yang dalam waktu bersamaan jutaan manusia dari segala penjuru dunia tumpah ruah di satu tempat, kendala, ujian dan tantangan akan senantiasa menghadang di depan kita.


Sebagai pengemban amanah dunia dan akhirat, kami mengharap bantuan doa dan kerja sama para jama?ah sekalian untuk sukses dan lancarnya perjalanan kita bersama. Semoga semua program yang kita rencanakan dapat berjalan dengan baik, lancar, serta dimudahkan Allah SWT. Dan menjadi Haji yang Mabrur. Amin ya Robbal Alamin.


JADWAL PERJALANAN HAJI

Seluruh Koper yang masuk Bagasi pesawat dimohon diserahkan ke kantor GSM sehari sebelum tanggal keberangkatan. Harap ditulis identitas diri pada Koper masing-masing. Harap dipersiapkan/dipisahkan barang-barang untuk dibawa ke kabin pesawat antara lain:

  • Sandal/sepatu yang tidak menutupi tumit dan mata kaki
  • Obat-obatan yang diperlukan
  • Buku Manasik dan Doa
  • Kain ihram bagi bapak-bapak
Hari ke-1 : 1 Dzul Hijjah : JAKARTA - JEDDAH
  • Berkumpul di Bandara Soekarno Hatta terminal 2F memakai seragam GSM.
  • Para Jamaah mempersiapkan diri untuk menuju ke pintu masuk Imigrasi.
  • Bertolak menuju Jeddah dengan menggunakan penerbangan GARUDA INDONESIA*. Tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.
  • Satu jam sebelum mendarat para jamaah harus sudah memakai pakaian ihram untuk kemudian memulai umrah dengan mengucapkan niat: LABBAIKA ALLAHUMMA UMRATAN.
Setiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, dimohon tetap memakai tanda pengenal dan mengikuti mekanisme kerja yang berlaku di bandara, antara lain :
  • Pemeriksaan ke-Imigrasian
  • Pemeriksaan Bea Cukai
  • PENGAMBILAN BARANG BAGASI DI CONVEYOR, DIAMBIL OLEH MASING-MASING JAMAAH. PASTIKAN JANGAN ADA YANG TERTINGGAL
Hal-hal yang perlu diperhatikan selama di bandara King Abdul Aziz
  • Usahakan tidak terpisah dari rombongan
  • Bila ada keperluan membeli sesuatu atau ke toilet pastikan bisa kembali ke tempat berkumpul jamaah.
Setelah selesai pemeriksaan barang, jamaah sudah diperkenankan untuk keluar. Petugas-petugas (guide) kami akan menjemput dan mengarahkan di depan PINTU KELUAR. Mohon barang-barang bawaan (KOPER) dan paspor dapat diserahkan kepada petugas. Setelah beristirahat, diusahakan langsung menuju Makkah Al-Mukarromah. Tinggal di apartemen untuk istirahat secukupnya. 
 
DIINGATKAN PARA JAMAAH HARUS TETAP MENJAGA AGAR TIDAK MELANGGAR LARANGAN IHRAM

Hari ke -2 : 02 Dzul Hijjah : MAKKAH AL-MUKARRAMAH
 
Setelah shalat shubuh berjamaah dan sarapan pagi, para jama'ah bersiap-siap untuk berangkat ke Masjidil Haram guna melaksanakan Thawaf, Sa'i dan Tahallul (gunting/cukur rambut). Harap memakai seragam atau atribut GSM-SMS. Melaksanakan thawaf harus dalam keadaan berwudhu


Hari ke-3 : 03 Dzul Hijjah
  • Shalat shubuh berjamah, Sarapan pagi, bersiap-siap melakukan ZIARAH ke tempat-tempat bersejarah di sekitar Mekkah dan lokasi pelaksanaan haji: Bukit Tsur, Arafah, Jabal Rahmah, Muzdalifah, Mina, jabal Nur, Tanim/Jiranah.
  • Pengajian diadakan setelah shalat shalat Maghrib/Shubuh, setiap hari.
  • Jama'ah berada di 'Aziziyyah sampai hari ke-7 (07 DzulHijjah). 
  • Acara bebas, dianjurkan memperbanyak Ibadah dan mempersiapkan diri menghadapi hari H.

Hari ke-8 : 08 Dzul Hijjah : MINA TARWIYA
  • Mandi, memakai kain ihram, membawa pakaian ganti dua stel, sajadah. Al-Quran, atribut, jaket dan seragam GSM-SMS, dan keperluan lainnya (ID card dari GSM dan MAKTAB). 
  • Berangkat ke Mina jam 08.00 dengan mengucapkan niat haji (LABBAIKA ALLAHUMMA HAJJAN). Di hari ini jamaah melaksanakan Tarwiya (berada di Mina dari zhuhur dan bermalam di Mina) hingga tiba waktunya berangkat menuju Arofah untuk melaksanakan Wukuf esok harinya.
  • Wukuf Arafah : Tanggal 9 Dzul Hijjah
  • Wukuf merupakan saat yang sangat Ijabah. Waktu dimana jarak seorang hamba dengan Allah SWT sangat dekat. Dalam keadaan Wukuf sangat dianjurkan untuk memperbanyak Istighfar dan berdoa.
  • Wukuf berakhir setelah matahari terbenam
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  • Jangan lupa membawa Sajadah, Al Quran, dan Buku Manasik, Kantong baru untuk mengumpulkan batu.
  • Obat-obatan yang diperlukan. Jangan lupa charjer hp

Hari ke-9 : 09 Dzul Hijjah : ARAFAH
  • Jam 5.00 : Shalat Shubuh berjama'ah. Selepas Shalat Shubuh berangkat menuju ke Padang ARAFAH untuk melaksanakan WUQUF.
  • Jam 11.00 : Makan siang dipercepat. Shalat Zhuhur dan Ashar dijama dan Qashar, dilanjutkan acara WUQUF dengan mendengarkan KHUTBAH WUQUF dan berdoa, berdzikir, membaca al-Quran, Shalawat dan Ibadah Sunnah lainya.
  • Jam 17.00 : Makan Malam dipercepat.Membawa bekal buah, makanan ringan dan minuman.
  • Jam 18.00 : Shalat maghrib dan isya dijama dan qashar di Muzdalifah. Berangkat menuju Muzdalifah untuk Mabit (bermalam) dan mengumpulkan batu sebanyak 70 (tujuh puluh) butir. Mabit di Muzdalifah dilakukan sampai subuh. Shalat subuh berjamaah dilakukan di Muzdalifah. Setelah itu Jamaah meninggalkan Muzdalifah menuju Mina untuk kembali ke tenda dan melaksanakan manasik haji lainnya.

Hari ke-10 : 10 Dzul Hijjah : Jumrah AQOBAH saja
 

Waktu melontar akan diberitahukan dan dilaksanakan secara bersama-sama. Melontar Jumrah Aqobah saja, dilanjutkan dengan gunting atau cukur rambut (Tahallaul). Setelah tahallul dibolehkan ganti pakaian berjahit tetapi belum boleh melakukan hubungan suami istri. Shalat wajib dapat diqashar (kecuali Shalat Shubuh dan Maghrib), tapi tidak dijama'. Makan dan Minum telah disediakan di tenda Maktab.

Hari ke-11 : 11 Dzul Hijjah : Jumrah ULA,  WUSATHA, AQOBAH
 

Waktu melontar akan diberitahukan sesuai jadwal. Bersiap-siap untuk melontar Jumrah Ula, Wustho dan Aqobah. Jamaah dianjurkan untuk beristirahat.

Hari ke-12 : 12 Dzul Hijjah : Jumrah ULA  WUSTHA  AQOBAH
 

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  • Untuk melontar Jumrah dilakukan secara bergiliran sesuai dengan rombongan dan regunya masing-masing yang akan didampingi Mutawwif/Guide
  • Tetap bersama-sama dalam rombongan dan regunya.
  • Jamaah akan diingatkan tata cara pelontaran baik cara maupun do?anya. Tetap bersabar dan lapang dada ketika berdesak-desakan dalam melontar.
  • Tetap bersabar dan lapang dada ketikan berada di Mina.

Hari ke-13 : 13 Dzul Hijjah : NAFAR TSANI
 

Melontar jumrah ULA, WUSTHA, AQABAH. Kembali ke apartemen untuk ISTIRAHAT. Setelah shalat ashar dan makan malam melaksanakan THAWAF IFADHAH. Bagi jama?ah yang berhalangan atau kelelahan bisa melaksanakan thawaf ifadhah nanti setelah dari Madinah.

Hari ke-14 : 14 Dzul Hijjah 1431 H : Berangkat ke MADINAH
  • Jam 05.00 : Shalat Shubuh berjamaah. Tas dan koper diletakkan di depan kamar masing-masing.
  • Jam 07.00 : Makan Pagi.
  • Jam 08.00 : Bersiap-siap naik ke atas bus masing-masing, Perjalanan ke Madinah ditempuh selama kurang lebih 7 jam. Sesampainya di Madinah langsung menuju hotel MUBARAK AL-FADHI

Hari ke-15 : 15 Dzul Hijjah : Di Madinah Munawwarah
 

Memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi. ZIARAH ke maqam Rasul Shallallahu alaihi wasallam, RAUDHAH dan Baqi.

Hari ke-16 : 16 Dzul Hijjah
  • Setelah sarapan pagi berkumpul di lobby hotel untuk melakukan ZIARAH ke masjid Quba, Uhud, masjid Qiblatain, Khandaq dan pasar kurma. Sebelum berangkat ke Quba, dianjurkan berwudhu terlebih dahulu untuk shalat di masjid Quba (pahalanya sama dengan pahala umrah).
  • Jamaah akan berada di Madinah Al Munawwarah sampai hari ke-21 (21 Dzul Hijjah).

Hari ke-22 : 22 Dzul Hijjah : MADINAH - MEKKAH
  • Jam 04.00 : Koper diletakkan di depan kamar masing-masing.
  • Jam 08.00 : Bersiap-siap di Lobby hotel untuk berangkat menuju Mekkah. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 5 jam.
  • Jam 14. 00 : Tiba di Mekkah langsung check in di hotel.
  • Jama'ah akan berada di Mekkah sampai hari ke-25, (25 Dzul Hijjah ). Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, seperti qiyamul-lail, mengkhatamkan al-Qur.an, thawaf sunnah, mengikuti pengajian, dzikir dan do'a.
Hari ke-26 : 26 Dzul Hijjah : Mekkah - Jeddah
  • Transit di Jeddah sebelum kepulangan ke tanah air untuk melakukan Ziarah Kota ke tempat bersejarah di Jeddah. Juga bagi yang ingin membeli oleh-oleh buat keluarga di tanah air.
  • Jamaah akan berada di Jeddah sampai hari ke-27 (27 Dzul Hijjah)

Hari Ke-28 : JEDDAH - JAKARTA
  • Setelah sarapan pagi bersiap-siap di lobby hotel
  • Berangkat menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Lima jam sebelum take off sudah harus berada di bandara karena padat.
  • Take off dengan penerbangan GARUDA INDONESIA*. Lima (5) jam sebelum take off jamaah diharap sudah berada di bandara King Abdul Aziz karena padat.
  • Tanggal 29 Szulhijjah tiba di Bandara SOEKARNO HATTA CENGKARENG -INDONESIA.
  • AL-HAMDULILLAH tiba di Jakarta dengan selamat. Semoga menjadi haji mabrur. Amin. Setelah mengambil barang-barang bagasi dari conveyor, jama'ah bisa langsung kembali dengan keluarga ke rumah masing-masing. Terima kasih atas kepercayaan bapak-ibu.

MAAF!
JADWAL SEWAKTU-WAKTU BISA BERUBAH DAN AKAN DIBERITAHUKAN
.